Subscribe Now!

Monday, February 25, 2013

Uji Kamera Galaxy S III, iPhone 5, Lumia 920, Nexus 4, dan BB Z10, Siapa Juara?

Baru-baru ini, situs Gizmodo melakukan tes kamera di beberapa smartphone terkenal. Ada 5 smartphone yang diikutsertakan dalam tes ini: Samsung Galaxy S III, iPhone 5, Nokia Lumia 920, LG Nexus 4, dan BlackBerry Z10. Ada 4 kategori yang dijadikan parameter penilaian, yaitu low-light, low-light + flash, daylight, dan portrait indoor. Siapakah yang jadi juaranya?

Low light

Seperti yang dapat Anda lihat di atas, fitur OIS di Lumia membantu kamera menghasilkan foto yang baik, bahkan dalam situasi yang paling sulit. Tidak ada grain dan detail patung tetap terlihat meskipun kurangnya cahaya. iPhone juga mengambil foto yang cukup baik, tetapi tampak grain di mana-mana. Sisanya? Hampir tak terlihat sama sekali.
Pemenang: Nokia Lumia 920
Low-light + flash

Flash pada Z10 benar-benar membantu dalam tes ini. Seperti terlihat di atas, hasil foto Z10 akurat dan detail. Hasil foto Lumia 920 juga terlihat akurat, flash sedikit lebih lembut, dan lebih sedikit noise. Flash di Galaxy S III memiliki kinerja yang masih di ambang batas layak, sedangkan iPhone dan Nexus 4 gagal total
Pemenang: BlackBerry Z10
Daylight

Bisa dibilang, hasil foto Lumia 920 lah yang terbaik kali ini. Pada gambar di atas, Anda dapat melihat bangunan dan langit secara nyaman tanpa adanya efek lens-flare. iPhone 5 berada di tempat kedua meskipun sedikit terjadi lens-flare yang mempengaruhi kontras gambar. Galaxy S III mampu memperlihatkan sinar matahari dengan baik, tetapi gambar terlihat tidak wajar karena kontras dan saturasi yang berlebihan. Hasil foto Z10 memiliki detail tajam, tetapi lensa tidak menangani matahari dengan baik. Nexus 4? Amat mengecewakan.
Pemenang: Nokia Lumia 920
Portrait indoor
Galaxy S III menghasilkan foto yang terbaik dan berwarna akurat dalam situasi ini, terlihat sangat jelas. Lumia 920 agak terlihat kebiruan, tetapi masih sangat akurat. iPhone 5 lebih terlihat berwarna kuning-merah muda dan gambar agak berkabut. Pada Z10 muncul buram dan sedikit kekuningan atau merah muda dalam keseimbangan warna. Kinerja kamera di Nexus 4 sekali lagi amat mengecewakan dengan warna yang sangat merah muda-kuning.
Pemenang: Samsung Galaxy S III
Daftar peringkat uji kamera smartphone:



  1. Nokia Lumia 920
  2. iPhone 5
  3. BlackBerry Z10
  4. Samsung Galaxy S III
  5. LG Nexus 4

0 comments:

Post a Comment